Video Game Bikin Otak Anak jadi Tumpul! Benarkah?


Siapa yang tak kenal video games? Mulai dari anak-anak sampai orang tua pasti mengenalnya. Apalagi, sekarang makin banyak piranti yang memungkinkan setiap orang memainkannya.

Tapi, hati-hati, karena penelitian Ryuta Kawashima, professor di Tohoku University Jepang menemukan bahwa bermain video games secara terus-menerus bisa memperlambat perkembangan otak. 

Hal ini terjadi karena kegiatan bermain game hanya menggunakan sebagian orak saja, yaitu yang berkaitan dengan vision dan movement saja. Sementara bagian frontal lobe dari otak yang sangat penting dalam proses belajar – control perilaku, daya ingat, emosi, dan kemampuan belajar – tidak terstimulasi.

Meski banyak ahli mengatakan sisi negative bermain video game, khususnya pada anak-anak – misalnya munculnya kekerasan, karena anak dengan mudahnya meniru adegan-adegan dalam game tersebut – banyak juga yang mengungkap bahwa video game bisa meningkatkan kreativitas, bahkan kecerdasan seseorang.

Seperti komentar Adinda, ibu seorang anak. “anak saya sekarang lagi seneng main game Angry Birds di laptop. Tadinya saya khawatir dia bakal kecanduan, tapi saya lihat, dia justru makin pintar mengukur posisi dan strategi untuk menjatuhkan target burung-burung itu. Dia malah sering ngajarin saya main loh!” cerita Adinda sedikit bangga.


Karenanya, kuncinya tentu saja, main video game secukupnya saja, tidak berlebihan. Bagi orang tua tentu juga wajib memberikan pengawasan kepada anak-anaknya, khususnya terhadap jenis game yang dimainkan oleh si anak. 

- dari berbagai sumber -  

-----------------------------------------------------------------------------------------------
Kumpul Bocah adalah tempat yang menyediakan kesempatan bagi anak untuk tumbuh dan berkembang sesuai bakat dan minat mereka.
Kumpul Bocah menyediakan aneka kegiatan, seperti: kelas menggambar, kelas art and craft, kelas bahasa Inggris, kelas Bimbel, Kelas Calistung, dan Kelas Musik, yang terdiri dari Kelas Piano, Biola, dan Gitar.

Untuk informasi dan pendaftaran, silakan hubungi Kumpul Bocah - Kids and Teens Center di kumpulbocahbintaro@gmail.com atau
 telepon: (021)-93964552 
HP: 081288562559

Pin BB: 5D3DOE26

Comments